20 Maret 2010

Cara Menghindari Penyakit Magg

Posted in Tak Berkategori pada 17:35 oleh yoga85

Bagi penderita penyakit magg tentu saja penyakit ini sangat menggganggu kegiatan aktifitas mereka. Sangat menderita tentunya bila dalam beraktifitas lambung kita rasanya seperti terbakar. Penyakit ini biasanya diderita oleh orang-orang yang mempunyai mobilitas yang sangat tinggi yang mengabaikan pola makan, selain itu penyakit magg juga dapat ditimbulkan oleh bakteri.

A. Penyakit Maag Disebabkan Bakteri
Selain karna pola makan yang tidak teratur ternyata penyebab lain dari timbulnya penyakit Maag disebabkan bakteri. Dalam keadaan tidak aktif, makhluk ini berubah bentuk menjadi cocoid yang berlindung dalam kapsulnya. Bakteri ini memerlukan urea (hasil akhir utama dari metabolisme protein mamalia) serta hemin (pigmen merah dalam darah) untuk berkembang biak. Ternyata hanya sel-sel jaringan mukus dalam lambung yang dapat menyimpan nutrisi esensial ini. Tentunya, kalau tidak dibasmi, akan tumbuh subur dan bisa bertahan hidup sampai puluhan tahun dalam lambung manusia sambil menggegoroti daerah di sekitar “rumahnya”.
Karena lambung tempat hidup paling nyaman baginya, dia ogah bermigrasi ke organ pencernaan lain seperti usus besar, esofagus. Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini tidak bedanya dengan penderita sakit maag biasa.Yakni mual kembung dan nyeri. Hanya, bedanya berulang kali penyakitnya kambuh. Hanya, pada kasus terparah bisa sampai mengakibatkan muntah dan berak darah.
Bakteri ini dapat berpindah melalui ludah dan masuk ke mulut. Misalnya penggunaan gelas, sendok, atau piring makan secara bersama-sama. karena kurang higienis, makanan bisa terkontaminasi faeses yang mengandung bakteri itu.Penyakit maag memang merupakan penyakit umum yang biasanya dapat disembuhkan dengan obat jenis antasid.

B. Penyakit Maag Disebabkan Pola Makan yang Tidak Teratur
Pola makan yang tidak teratur Gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan jam tidur yang tidak baik Merokok, meminum kopi dalam takaran yang besar dan berulang-ulang. Meminum minuman beralkohol.
Maag adalah kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan perasaan terbakar di ulu hati. Ini sering kali terjadi akibat makan makanan berlemak atau akibat terlalu banyak minum alkohol. Keadaan ini menyebabkan lambung menghasilkan tambahan asam, yang menimbulkan rasa tidak enak (rasa penuh, sebah) pada bagian lambung atau bagian tengah dada. Sebagian orang mengacaukan perasaan terbakar di ulu hati ini sebagai gangguan jantung.
Kelebihan asam lambung yang berlarut-larut atau berulang-ulang merupakan tanda peringatan untuk borok lambung atau usus. Borok lambung atau usus sendiri merupakan luka menahun pada lambung atau usus halus.
Penyakit ini dapat diketahui dengan adanya rasa nyeri yang menahun dang kadang-kadang menusuk pada ulu hati. Sering kali rasa nyeri berkurang setelah penderita makan atau minum susu. Namun jika penderita terlambat makan 2 atau 3 jam, makan makanan berlemak dan pedas, atau meminum alkohol, serangan nyeri akan menghebat.
Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Maag adalah dengan memakan makanan yang menyembuhkan dan jangan mengonsumsi makanan yang mengganggu borok tersebut.

1. Makanan yang menyembuhkan borok
• Minum dua gelas air sebelum dan sesudah makan. Minumlah yang banyak sepanjang hari.
• Keju, kelapa susu (rum), havermout, pisang
2. Makanan yang tidak berbahaya
• Telor rebus, biskuit, kentang rebus, ketela, mie instan, pisang yang sudah masak
3. Makanan yang membuat borok semakin parah
• Minuman keras, kopi, rokok, cabai dan merica, makanan berlemak, minuman bersoda.
Perhatian
1. Pendapat umum yang mengatakan bahwa susu adalah salah satu obat terbaik bagi borok lambung perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Justru hasil penelitian mengatakan jika susu akan meningkatkan produksi asam lambung dan memperparah penyakit borok lambung.
2. Jangan meminum obat-obat tertentu seperti tablet Fe (besi), aspirin, corticosterroid, bahkan antacid seperti sodium bicarbonat karena hanya meredakan sakit untuk sementara waktu. Selebihnya akan merangsang lebih banyak lagi sekresi asam lambung
3. Obat antacid yang paling aman adalah magnesium dan alumunium hidroxida
Sangatlah penting untuk segera mengobati borok lambung. Jika ini dibiarkan, penyakit akan lebih berbahaya seperti terjadi perdarahan dan peritonitis. Borok lambung biasanya akan membaik jika pasien mampu mengatur pola makannya, hidup lebih berhati-hati, menghindari hal-hal yang menyebabkan stres. Cobalah untuk belajar hidup lebih relaks tentu diikuti dengan pengobatan sehingga akan mencegah kambuhnya penyakit ini.

Makanan yang mampu mengurangi rasa sakit maag:
• Bukan makanan yang bersifat merangsang (pedas, asam, dingin, manis)
• Konsumsi kunyit, temulawak, pisang batu, dan madu, bisa mengurangi maag
• Kurma
• Bawang putih lanang
• Bubur kentang
1. Puasa bagi Penderita Maag
Apakah seorang yang memiliki penyakit maag bisa berpuasa? Sering kita mendengar pertanyaan itu. Kadang orang umum berpendapat bahwa puasa akan mengakibatkan seseorang akan makin parah penyakit maag-nya. Menurut pendapat ahli kesehatan, ternyata puasa dapat memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag.

Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam; maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringa, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

Pada intinya, maag disebabkan oleh tidak teraturnya pola makan seseorang. Timbul pergesekan pada jaringan pencernaan sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Puasa merupakan sebuah cara untuk mendisiplinkan diri dalam hal makan. Dengan sendirinya tubuh akan terbantu dengan asupan yang kontinu dan bergizi.

2. Hal-hal yang harus dilakukan saat penderita maag berpuasa:
1. Pilihlah makanan yang berserat, bergizi, dan mengandung vitamin.
2. Minum air putih sebanyak-banyaknya ketika sahur
3. Mengonsumsi suplemen tambahan untuk menambah aktivitas tubuh
4. Selama puasa, usahakan untuk terus menata emosi. Karena maag berkaitan erat dengan stres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: