19 Februari 2010

Pria Bisa Lebih Sehat, Hanya Dengan Bertemu Wanita Cantik

Posted in Tak Berkategori pada 11:56 oleh yoga85

Setelah membaca artikel ini. Saya seketika punya keinginan untuk meletakkan artikel ini di blog saya.Para pria, jika Anda ingin lebih sehat, sebaiknya sering-seringlah melihat dan bertemu wanita cantik. Studi membuktikan bahwa kehadiran wanita cantik bisa meningkatkan kesehatan pria terutama kesehatan hormon yang mengatur sistem metabolisme tubuh.
Peneliti dari University of California menemukan bahwa pria yang berada di tengah-tengah lawan jenisnya yang cantik akan mempunyai level hormon testosteron dan kortisol yang tinggi. Kedua hormon tersebut berfungsi dalam kemampuan berpikir, kesadaran, keseimbangan metabolisme tubuh dan kesehatan tubuh secara utuh.

Sebaliknya, peneliti justru menemukan level kedua hormon tersebut dalam keadaan rendah ketika pria berada di sekeliling pria lainnya. Itu artinya, laki-laki ternyata lebih bahagia ketika bersama wanita ketimbang ketika berkumpul dengan teman-teman prianya.
Studi yang melibatkan 149 siswa pria berusia 18 dan 24 tahun tersebut dilakukan dengan cara memberi kesempatan pada para pria untuk berinteraksi dengan wanita-wanita cantik untuk kemudian diberi skor antara 1 sampai 7. Rata-rata pria ternyata memberi nilai 5,83 yang menunjukkan bahwa para wanita itu cukup memikat.
Selang beberapa menit, air liur para responden pun diambil dan diuji untuk mengetahui kadar hormon testosteron dan kortisolnya. Para ahli pun kemudian menemukan sebuah fakta, yaitu hanya dalam waktu 5 menit berbicara dengan wanita cantik, level testosteronnya meningkat hingga 14 persen sedangkan hormon anti stres yaitu kortisol meningkat sebesar 48 persen.
Hal itu berbanding terbalik ketika para pria sedang bersama teman-teman prianya. Level testosteron dan kortisolnya justru menurun hingga 7 persen.
Hormon testosteron tidak hanya berfungsi sebagai hormon pembangkit libido, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan dan memberi energi bagi tubuh. Hormon tersebut berada pada level yang paling tinggi ketika pria berusia 20 tahun dan akan berkurang seiring bertambahnya usia dan hubungan yang sudah berlangsung lama.
Sedangkan kortisol adalah hormon yang berfungsi menurunkan ketegangan urat-urat saraf dan meningkatkan kesadaran. Jika kedua hormon tersebut sama-sama meningkat, tubuh pun akan terasa lebih sehat.
“Ketika pria bertemu dengan wanita cantik dan atraktif, otaknya akan mengirim pesan pada kelenjar pituitari untuk mengeluarkan kedua hormon tersebut. Dan ketika hormon itu tersebar ke dalam tubuh, sistem metabolisme akan menjadi lancar dan tubuh pun akan terasa lebih hidup,” ujar Dr Leslie Knapp, antropolog dari University of Cambridge, seperti dikutip Telegraph, Kamis (1/10/2009).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: